Rabu, 03 November 2010

tugas SIA ke-3

Beberapa orang berpendapat bahwa akuntan seharusnya memusatkan perhatian hanya
pada laporan keuangan dan memberikan urusan desain serta persiapan
laporan manajerial pada spesialis system informasi.

pertanyaan:

1. Apa sajakah kelebihan dan kelemahan pendapat ini??

jawab:
kelemahannya: akuntan tidak hanya memusatkan perhatuan pada laporan keuangan,tapi ia juga harus mampu menimbangi dan berkerjasama dengan spesialis Sistem Informasi membuat desain tentang laporan managerial karena ia harus mempertanggung jawabkan atas laporan keuangan yang telah dibuat kepada manager keuangan yang menganalisis laporan tersebut.

kelebihannya:laporan keuangan dipersiapkan oleh akuntan dapat diteliti oleh spesialis sistem informasi untuk mengetahui sejauh mana pertumbuhan keuanganperusahaan dan mengetahui secara pastin apakah laporan tersebut sesuai dengen siklus keuangan yang terjadi.

2. Sejauh manakah akuntan seharusnya terlibat dalam pembuatan laporan yang melibatkan berbagai
hal di luar ukuran keuangan, yang dipergunakan untuk mengukur kinerja??
Mengapa demikian ??

jawab:

akuntan tidak berhak dalam pembuatan laporan diluar ukuran keuangan,karena tugas seorang akuntan adalah menyediakan laporan tentang keuangan perusahaan,kalo untuk mengukur kinerja itu tugas manager sumber daya insani.





no 2
Pembagian tugas secara efektif kadang-kadang tidak layak secara ekonomis pada bisnis kecil.

pertanyaan:

Elemen-elemen pengendalian internal apa yang menurut anda dapat mengimbangi ancaman tersebut ??

jawab:

kalo perusahaan kecil tidak perlu membuat yang detail-detail yang cuma boros biaya, tutup aja bagian-bagian yang dirasa tidak perlu,kalo hanya toko kelontong tidak perlu buat kartu persediaan.
elemen pengendalian yang cocok adalah penendalian tentang kemampuan dan kreatifitas setiap pekerjanya dengan mengetahui sejauh mana kemampuan dan kreatifitas maka pemilik dapat menimbangi ancaman ketidak efektifan dengan membagi tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing

TUGAS III(ketiga)
Secara teoritis, suatu prosedur pengendalian perlu digunakan jika keuntungannya melebihi biayanya. Jelaskan cara memperkirakan keuntungan dan biaya dari pengendalian berikut ini :

1. Pemisahan tugas
2. Prosedur perlindungan data

jawaban:

1. Pemisahan tugas, keuntungan dari pengendalian ini ialah dapat menghemat waktu dan tak tercampur tugas lainnya, dimana setiap individu memiliki tugasnya masing-masing yang harus dikerjakan. Setiap individu pun memiliki keahlian masing-masing agar pekerjaan mereka sesuai dengan target yang ditentukan. Apabila satu tugas di campur dengan tugas yang lain maka akan memakan banyak waktu dan biaya, terlebih lagi apabila yang mengerjakanya bukan ahlinya dalam bidang itu, resiko kesalahan akan semakin besar.

Pemisahan tugas dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar dan bisa terkontrol dalam mengendalikan tugas dalam skctor pendapatan & kinerja .
Pengendalian dilakukan dengan banyak tugas yang kia lakukan maka banyak juga keuntungan yang kita dapat ataupun sebaliknya.

2. Begitu pula dengan prosedur perlindungan data, keuntungannya yaitu mempermudah dalam pencarian data, dimana setiap tugas atau data sudah ada pada tempatnya masing, lagi – lagi dapat menghemat waktu dan efektif dalam mengerjakan tugas – tugas yang diberikan.

Prosedur perlindungan data dimaksudkan untuk melindungi data dari pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengakibatkan tidak akuratnya data tersebut atau hilangnya data tersebut dan mengakibatkan hilangnya atau berubahnya data biaya keuntungan dan data-data lainnya.